Balai Karkes Kelas I Mataram

Proses Debarkasi Haji

Assalamualaikum wr. wb.

Saat ini, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Mataram sedang menyambut kedatangan para jamaah haji yang telah selesai melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Pada tanggal 26 Juni 2024, Balai Karkes Mataram melakukan dokumentasi kegiatan dalam rangka menyambut jamaah Haji Kloter IV LOP. Pada tanggal tersebut, dilakukan pemeriksaan Suhu Tubuh, Pengawasan, Koordinasi, dan Komunikasi dengan TKHI Kloter terkait kondisi kesehatan jamaah.

Pesawat membawa rombongan jamaah Haji tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam). Balai Karkes Mataram dan pemangku kepentingan terkait segera bergerak untuk memastikan kondisi jamaah yang membutuhkan perlakuan khusus atau memiliki masalah kesehatan. Kloter IV asal Kabupaten Lombok Timur berjumlah 393 jamaah. Alhamdulillah, semua jamaah tiba dengan selamat dan dalam keadaan sehat.

Sebelum Debarkasi dimulai, Balai Karkes Mataram melakukan Rapat Koordinasi dengan seluruh Dinas Kesehatan dan Puskesmas se-Kabupaten/Kota Nusa Tenggara Barat melalui aplikasi Zoom. Rapat tersebut membahas terkait Pemantauan, Pengawasan, dan Sosialisasi E-K3JH (Elektronik Kesehatan Jemaah Haji) sebagai pendekatan layanan bagi Petugas Kesehatan dan penyelenggara ibadah haji. Pemantauan dan pengawasan kondisi kesehatan Jamaah Haji pasca pemulangan dilakukan selama 21 hari sejak pulang dari Tanah Suci. Seluruh Puskesmas se-Kabupaten/Kota akan menginput laporan kondisi jamaah melalui E-K3JH.

Ini merupakan bentuk monitoring dan pengawasan Balai Karkes Mataram terhadap jamaah sejak pulang dari Tanah Suci. Kami memastikan jamaah haji dalam keadaan sehat sebelum bertemu dan berkumpul bersama keluarganya. Pengukuran suhu tubuh dilakukan menggunakan Thermal Imager Monitor, yang akan mengeluarkan notifikasi dan alarm jika terdapat jamaah dengan suhu tubuh di atas 38°C.

Alhamdulillah, Kloter IV asal Kabupaten Lombok Timur mendapat apresiasi langsung dari Kepala Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mereka dinilai sebagai kloter dengan jamaah yang sehat-sehat dan bercahaya wajahnya setelah pulang dari Tanah Suci, sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Kemenag dalam sambutannya pada tanggal 26 Juni 2024 di Asrama Haji NTB.

Selamat Kembali bertemu dan berkumpul bersama keluarga semoga Para Jamaah Haji membawa Predikat Haji yang Mabrur !

Salam Sehat,Sehat Negeriku

BKK KELAS I MATARAM

443